Makanan yang Membuat Bahagia ~ What food can make us happier??

Hey guys!

Disaat sedang gundah gulana atau terserang penyakit galau salah satu cara mengurangi  kadar kegalauan itu adalah dengan  makan makanan yang bisa membuat bahagia. Daripada makan makanan yang tidak jelas dan tidak mempunyai efek apapun dalam kondisi emosionil kita yang sedang tidak stabil, lebih baik mengkonsumsi makanan yang memang jelas dapat mengurangi stress atau perasaan tertekan. Double impact dong, Mengenyangkan dan bahagia. Bahayanya lagi kalau sembarang makan ini-itu, bukannya stress hilang malah jadi stress stadium 2 karena melihat bobot timbangan naik tanpa permisi. Hehehee….

Baiklah, berhubung saya suka membaca artikel-artikel kesehatan saya akan menceritakannya dalam postingan saya kali ini.  Let’s check it out, what food can make us happier!

1. Chocolate

Cokelat adalah salah satu makanan manis favorit saya. Sebenarnya saya tidak terlalu suka makanan yang terlalu manis jadi kalau cokelat saya lebih memilih Dark Chocolate karena ada sedikit rasa pahit di dalamnya, walaupun yaaa… saya tidak akan menolak apabila dikasih satu truk cokelat Fererro Rocher karena saya tergila-gila dengan cokelat ini sejak saya masih kecil, hehehe… Ok, back to the topic… Mengapa cokelat dapat membuat bahagia? Karena Cokelat mengandung serotonin, yaitu anti-depresan alami. Cokelat juga merangsang produksi endorphin, yang menciptakan perasaan bahagia dan senang. Hal ini mungkin menjelaskan mengapa banyak orang akan memakan cokelat ketika mereka sedang tertekan. Cokelat juga mengandung kafein yang dapat membuat anda tetap fokus dengan apa yang dikerjakan. Nyummy!

2. Oatmeal

cinnamon eggnog oatmeal

Oatmeal yang terbuat dari gandum, merupakan makanan berserat tinggi dan rendah kalori. Oatmeal mengandung karbohidrat dan vitamin B yang baik untuk tubuh serta otak anda. Mengkonsumsi oatmeal baik dilakukan di pagi hari karena dapat menimbulkan rasa kenyang yang lebih lama sehingga bagi anda yang sedang diet, dapat jauh mengurangi keinginan untuk ngemil. Efek lainnya memakan oatmeal pada saat sarapan adalah mencegah makan siang terlalu banyak dan berlebihan.
3. Minyak Ikan
Jangan bayangkan minyak ikan seperti minyak goreng yah. Minyak ikan banyak diproduksi dalam bentuk kapsul yang dapat langsung di minum. Minyak ikan mempunyai banyak sekali manfaat untuk lebih jelasnya dapat dilihat di sini. Asam lemak Omega 3 yang terdapat pada minyak ikan, selain bagus untuk jantung juga sangat baik untuk otak. Asam lemak omega 3 mampu menjauhkan diri anda dari rasa depresi dan pikiran negatif, sangat bagus untuk memperbaiki mood anda.
4. Pisang
Ini juga adalah salah satu buah favorit saya. Menurut saya pisang adalah buah yang apabila dipadankan dengan apapun tetaplah enak! Mau dibuat jus pisang, martabak pisang, pisang goreng, atau sebagai bahan tambahan dalam membuat kue, semuanya enak! Perlu anda ketahui bahwa pisang juga ternyata memiliki kandungan gizi yang fungsinya yang hampir serupa dengan cokelat yaitu mengandung triptofan dan asam amino esensial yang dapat meningkatkan kadar serotonin. Kedua zat ini dapat membantu anda untuk mengatur suasana hati. Selain itu, peneliti dari Inggris dan Italia telah menemukan bahwa makan tiga pisang sehari dapat mengurangi risiko stroke. Kalau tidak punya uang buat beli cokelat, belilah pisang. Tapi saran saya jangan di abang-abang gorengan, lebih baik menggoreng sendiri pisangnya dirumah, karena minyak jelantah di tempat menjual gorengan dapat menjadi pemicu timbulnya kanker.
5. Milk and Yoghurt
I like milk and I love yoghurt! Karena itu saya tidak pernah melewatkan Youghurt Cisangkuy pada saat saya ke Bandung. Rasa asamnya paling pas menurut saya. Kandungan tyrosine dalam susu dan yoghurt dapat mendorong hormon kegembiraan—unsur serum dalam darah tumbuh dalam skala besar. Susu dan Yoghurt juga mengandung asam amino esensial yang membantu meningkatkan kadar serotonin dan melatonin dalam tubuh. Seperti yang dikutip dari Times of India, kedua zat yang terdapat pada susu dan yoghurt itu, dapat membantu Anda untuk mendapatkan waktu tidur yang lebih berkualitas.
Well, sepertinya makanan-makanan diatas cukup mudah dicari disekitar kita bukan?  Pengetahuan mengenai gizi yang terkandung dalam makanan sangatlah diperlukan melihat pesatnya industri per-makan-an saat ini. Tidak hanya jodoh aja yang dipilih, makanan juga harus dipilih, karena ini menyangkut kepentingan kita luar dalam juga. Luarnya berarti kecantikan terutama kulit. Sedangkan dalamnya yaitu kesehatan organ di dalam tubuh. Satu lagi, jangan lupa untuk berolah raga dengan teratur! Okey!
Have a nice healthy day! 
L o v e @chiripaaa
Comments
4 Responses to “Makanan yang Membuat Bahagia ~ What food can make us happier??”
  1. erick azof says:

    makanannya pada bikin gendut semua…pantesan…hehe

  2. aulleaul says:

    Hal ini mungkin menjelaskan mengapa banyak orang akan memakan cokelat ketika mereka sedang tertekan———–> kalo abis ketemu dementor juga disaranin makan coklat siv :p

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Daisypath

    Daisypath Anniversary tickers
  • My Wedding Daisypath

    Daisypath Anniversary tickers
%d bloggers like this: