Bakar Duit

Tak terasa sudah dFireworksi penghujung Ramadhan. Esok hari seluruh umat muslim akan merayakan hari kemenangan. Berkumpul bersama keluarga, makan ketupat, rendang, opor dan teman-temannya. Malam ini menggema takbir diseluruh penjuru kota. Semuanya menentramkan hati dan jiwa. Tapi, eh tapi, di tengah dikumandangkannya takbir, ada suara yang cetar membahana, yess… KEMBANG API dan yang lebih annoying lagi adalah PETASAN!

Kamu tau apa hubungannya antara menyambut hari kemenangan dan kembang api atau petasan? Jika ada yang bisa memberitahuku apa hubungan antara kembang api, petasan, dan Idul Fitri, would you mind to share with me, please?

Ada berbagai macam kembang api yang aku ketahui, dari mulai yang model lidi cuma mengeluarkan percikan kuning, air mancur, rocket, dll. Harganya pun beragam, dari yang puluhan ribu, ratusan, bahkan jutaan rupiah, setauku sih kalau lagi ada event khusus kayak lebaran gini harganyapun ikut meroket. Lantas apa hikmah dibalik di bakarnya kembang api ini? Bukankah lebih baik uangnya di zakatkan, dibelikan makanan untuk keluarga, atau baju-baju baru? Hello, setelah kembang api itu terbakar (gak nyampe 5 menit, i guess), kamu cuma bisa nyium bau gosongnya aja kan? Dan kamu juga ga bisa kenyang abis bakar kembang api. We got nothing, kita cuma bakar duit dengan wujud yang berbeda.

Aku tidak menyalahkan bagi yang ingin bersenang-senang dengan bermain kembang api. Boleh lah, bermain bersama adik-adik, atau keponakan-keponakan, tapi akan lebih baik lagi jikalau bermain dengan mereka dengan hal yang mendidik, mending kumpul-kumpul terus main monopoli, uler tangga, main kartu, kalau mau yang lebih alim sih, ngaji bareng atau sharing pengetahuan tentang agama. Aku rasa akan lebih bermanfaat dibandingkan main bakar-bakaran. Apalagi kalau bakar petasan yang cuma denger bunyinya doang bisa bikin nenek-nenek di sebelah rumah bisa kena serangan jantung mendadak. Oh big no noo…

Yaah… Kalau eventnya Tahun Baruan sih masih oke lah yaa, karena untuk mensupport perayaan pergantian tahun agar megah meriah. dan gegap gempita. Walaupun aku tetap lebih memilih untuk menjadi penikmat saja sih daripada yang beli. Hehehe…

Lo v e ,

@chiripaaa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Daisypath

    Daisypath Anniversary tickers
  • My Wedding Daisypath

    Daisypath Anniversary tickers
%d bloggers like this: