Little “Write-Reading” Hood

Reading BookPernah gak kamu merasakan bahwa semakin jarangnya kamu membaca, semakin sedikit pula kamu bisa menulis. Nah, syndrome macam ini nih yang aku rasain sekarang. Semakin jarang aku membaca, produktivitas aku untuk menulispun menurun drastis. Kayaknya duniaku mulai terasa sempit. Terkadang aku menjadi sesek napas sendiri karena kok tiba-tiba berasa khayalanku jadi sedikit-agak “mentok.”

Aku mulai ngerasa seperti filosofi pujangga, “Semakin galau, puisi yang dibuat semakin bagus.” atau filosofi Glenn Fredly, “Semakin broken heart, semakin terserah”. Apa sih…

Guys, ini gejala yang harus segera di antisipasi. Kenapa? Karena seperti kata Nidji : “Mimpi adalah kunci untuk menaklukan dunia.” Kalau aku mulai stuck dalam duniaku yang begitu-begitu saja, itu pertanda garis-garis keriput akan cepat memenuhi wajahku. Pliss.. deh… perawatan hari gini mahal bok!

Note - EiffelSebenernya bener lho apa kata orang dulu “Buku adalah jendela dunia.” Aku baru benar-benar memahami filosofi itu saat ini. Karena dengan membaca buku, kamu akan bisa menemukan dunia yang lain dari dunia tempat mu berada, berbagai perspektif diluar dari laju pandangmu, and someways you can find who you are when you read those books nor a magazine atau apalah yang bisa dibaca. Apalagi kalau baca majalah, suka ada kuis-kuis psichology gitu, misalnya : “Kamu tipe yang suka di PDKT-in duluan atau tipe pejuang cinta?”, “Bagaimana kriteria pria idamanmu?”, “Apakah kamu sedang stress?” dan berbagai macam kuis-kuis lainnya yang menjamur di majalah remaja.

Contoh kecilnya lagi nih yaa.. Karena baca buku “Ayat-ayat Cinta” dan “Ketika Cinta Bertasbih” timbul keinginan untuk segera melepas masa lajang dan segera pergi ke tanah suci. Begitu baca “99 Cahaya di Langit Eropa” aku langsung ingin ke Eropa. Semuanya membuahkan keinginan yang memotivasi untuk melakukan sesuatu agar mendapatkannya.

Singkat cerita, aku yang dulunya kurang serius berdoa, akhirnya mulai lebih serius berdoa agar segera menemukan pendamping hidup yang sesuai dengan agama dan… hati, tentu saja. Alhamduilillah, akhirnya Allah mempertemukannya dan in shaa Allah kami berniat melanjutkan ke jenjang yang lebih ciyuuss lagi. Ejieee…

Begitu juga dengan cita-citaku menjelajahi Eropa, aku begitu tertarik dengan sejarah. Masih ingat dengan semboyan Bung Karno: “Jas Merah” yaitu “Jangan sekali-sekali meninggalkan sejarah”. Mempelajari sejarah suatu tempat sangat menyenangkan untukku, pasti selalu ada hikmah di dalamnya.

Jadi inget, aku termasuk IPA laknat waktu aku SMA. Para orang tua ada yang mati-matian pengen anaknya masuk IPA, dan bagaimana denganku? No, I know exactly what I want, aku tidak ingin jadi dokter, ahli biologis, anak teknik atau fisikawan, aku ingin mengambil jurusan sosial seperti Akuntansi, Ekonomi, Hukum atau jurusan lain yang berjiwa sosial lah pokoknya. Untuk apa aku capek-capek dua tahun belajar IPA kalau waktu SPMB nanti aku akan tetap mengambil jurusan IPS? So, wasting time, right? Akhirnya ortu-ku yang penuh pengertian bersedia menghadap wali kelasku untuk memindahkanku dari IPA ke IPS, sesuatu yang menjadi hikmah anak lain yang ingin masuk IPA, karena akhirnya ada satu slot kosong. Hahaa..

Well, balik lagi ke Sejarah, yaah… aku ingin sekali menjelajahi dunia, mengetahui bagaimana sejarah suatu bangsa, terutama sejarah perkembangan Islam. Aku ingin mencari jalan untuk kesana, kalau bisa yaa gratis dong! Kalau mau gratis berarti harus cari beasiswa yang manis, dan harus mahir berbahasa inggris yang ceriwis. Yeah, another motivation to study, right?

Dan tentu saja dari semua yang aku rasa dari panca inderaku itu aku ingin membaginya lewat tulisan-tulisanku…

Ok, kesimpulannya adalah aku harus segera keluar dari hidup yang udah mulai rada “stuck” ini, dan mengusahakan untuk rajin membaca seperti dahulu. Gak ada yang ga bisa kalau udah di niatin kan? Bismillah…

Leave a Reply

  • Daisypath

    Daisypath Anniversary tickers
  • My Wedding Daisypath

    Daisypath Anniversary tickers
