Kelas Inspirasi Balikpapan

Bismillahirrohmannirrohiim….

Suasana pagi itu sudah agak mendung, saat saya menginjakkan kaki di SD Muhammadiyah 1, di daerah Gunung KaKelas 1 SD Muhammadiyah Balikpapanwi Balikpapan. Beberapa anak kecil sedang berlari-lari kecil, beberapa lagi memandangi saya dan Mas Dito dengan wajah penasaran saat turun dari mobil. Dari sorotan mata mereka terlihat rasa ingin tahu mereka yang begitu besar dengan kehadiran kami. Jelaslah kami tidak terlihat seperti ibu-bapak guru. Pakaian kami casual bahkan cenderung santai.

Kami diterima dengan baik di ruangan Kepala Sekolah sambil menunggu inspirator yang lain berdatangan satu persatu. Hujan pun mulai turun dengan derasnya. Setelah bel berbunyi, para inspirator Kelas Inspirasi mulai masuk kelas satu persatu sesuai dengan yang telah dijadwalkan oleh Mas Dito selaku relawan Fasilitator Kelas Inspirasi Balikpapan.

Saya kebagian jatah mengajar dengan urutan: kelas 5, kelas 1, dan kelas  6. Untuk kelas 5 dan kelas 6 dapat dibilang sangat lancar. Bagaimana mereka berinteraksi dengan saya, menjawab pertanyaan-pertanyaan saya, serta aktif apabila diajak bermain games. Salah satu murid di kelas 6 bahkan berhasil menceritakan kembali tentang Dahlan Iskan dan sepatunya. Wow, saya senang sekali mengajar di Kelas Inspirasi, selain menceritakan mengenai profesi saya sebagai salah satu Analyst di salah satu BUMN terbesar di Indonesia, saya juga menceritakan beberapa kisah orang-orang sukses lainnya dalam menggapai mimpi dan cita-citanya, seperti Dahlan Iskan, Walt Disney, dan Indra Sjafri yang menarik perhatian mereka. Semoga saja dengan cerita-cerita tersebut mereka jadi termotivasi dan terinspirasi untuk bekerja keras menggapai mimpi mereka. Aamiin.

Membangun mimpi anak Indonesia.

Membangun mimpi anak Indonesia.

Tantangan terberat saya yaitu pada saat mengajar di kelas 1 SD. Bukannya mendengarkan mereka cenderung ingin didengar. Suara saya kalah total dengan teriakan-teriakan mereka. Akhirnya saya tidak menggunakan slide presentasi yang sudah saya persiapkan, saya coba dekati mereka dan tanyakan lebih dekat apa cita-cita mereka. Saya akui dan sadari mengajar itu bukan pekerjaan yang mudah, saya salut kepada Bapak/Ibu Guru yang sudah mengajar setiap hari tanpa letih menghadapi anak-anak yang sedang aktif-aktifnya. Saya akhirnya benar-benar paham mengenai slogan: “Guru pahlawan tanpa tanda jasa.” Apa yang saya raih hingga saat ini tak lain karena bapak/ibu guru saya. Lamunanku melayang jauh, sedang apa guru-guruku saat ini? Sehatkah mereka? Semoga Allah membalas kebaikan dan jasa mereka dengan balasan yang lebih dari apa yang mereka lakukan.

Kelas Inspirasi membantu kita melihat sisi lain kehidupan, sudut pandang lain yang mungkin terlewati, dan menumbuhkan rasa berbagi begitu tinggi. Pengalaman ini tidak akan pernah saya lupakan, bahkan saya ingin lagi dan lagi. Mengenal inspirator lain dengan berbagai profesi juga menjadi pengalaman berharga untuk saya. Semoga silaturahmi para fasilitator dan inspirator terus terjaga. Bagi yang ingin melihat liputannya, lihat di : http://www.youtube.com/watch?v=FoQcdVHISxk. So much fun!

Never give up to reach your dream! You are what you think, keep positive!

Sampai jumpa di Kelas Inspirasi selanjutnya!

Kelas Inspirasi, membangun mimpi, anak Indonesia!

Balikpapan, 6 November 2013

With Love, @chiripaaa

Leave a Reply

  • Daisypath

    Daisypath Anniversary tickers
  • My Wedding Daisypath

    Daisypath Anniversary tickers
