OneDayOneJuzz (ODOJ)

Suatu hari menjelang sore. Tiba-tiba whatssapp saya berbunyi. Ternyata saya di invite oleh Niken teman kuliah, teman satu kantor, teman sekamar sekaligus teman curhat untuk ikut grup ODOJ. Apaan deh itu? Pada awalnya saya kira itu semacam online shop yang jual-jual baju. Ternyata bukan. Itu adalah grup dimana kita bisa membaca Al-Quran secara berjamaah melalui media smartphone. Buehehehee…. *nyengir kuda*

When?

When?

Awalnya saya sanksi bisa melakukan hal itu. Satu juzz satu hari? Weddehh… biasanya syukur-syukur setahun bisa tamat satu kali. Itupun ngebut pas bulan puasa (biasanya). Aku membiasakan diri untuk mengaji minimal satu kali sehari sehabis sholat subuh, tapi paling berapa lembar saja tidak sampai satu juzz. Apalagi ditengah kesibukan saya sebagai wanita karir (ejiyee… padahal jarang lembur jugak sih) –> yang ini cuma nyari-nyari alesan, jangan ditiru!

Walaupun agak sedikit ragu saya bisa melakukan hal itu, saya ikut juga. Saya coba membacanya shubuh dan magrib sampai isya. Agak lumayan juga cobaannya ternyata. Diganggu syaitonirrojiim… Ngantuukk puuooll! Padahal biasanya ngeliatin Instagram dan Path gak gitu-gitu amat ngantuknya. Tapi saya menjadi semangat karena anggota di grup ODOJ satu persatu melapor sudah menyelesaikan tugasnya membaca satu juzz satu hari. Hal itu membakar semangat saya, mereka bisa dengan mudahnya menamatkan satu juzz, kenapa saya tidak? Padahal anggota di grup ODOJ setau saya juga orang-orang yang punya kesibukan sendiri-sendiri. Ada yang bekerja dan mempunyai anak. Saya bekerja juga tapi belum punya anak dan LDR sama suami. Lha, harusnya saya lebih bisa dong! Wong, suami yang harus diladeni nan jauh disana kok.

Akhirnya setelah beberapa hari ikut grup ODOJ, mengaji satu juzz satu hari bukan menjadi hal yang berat untuk saya. Caranya gampang:

  1. Luruskan niat karena Allah SWT;
  2. Install aplikasi Al-Qur’an di smartphone;
  3. Bacanya bisa dicicil sehabis shalat fardhu / baca kalau lagi menunggu sesuatu (nunggu dijemput, nunggu pesawat, nunggu apa kek!), pokoknya kalau ada waktu luang sempet-sempetin aja baca.

Jadilah terkadang siang hari saja sudah bisa menamatkan satu juzz. Pernah saya menunggu pesawat yang delay selama dua jam, khatam aja tuh dua juzz tanpa saya sadari. Saya betah membaca novel yang tebelnya naudzubillah, betah membaca artikel-artikel ataupun buku sejarah sejak SMA. Tapi mengapa kewajiban saya membaca AL-Quran terasa berat? Itu dia syaitonnya sodara-sodaraa… Syaiton senang menjauhkan kita dari hal-hal yang menyangkut keimanan kita kepada Allah SWT. Hal itu yang harus kita perangi.

“Dan bagi tiap-tiap umat ada kiblatnya (sendiri) yang ia menghadap kepadanya. Maka berlomba-lombalah kamu (dalam berbuat) kebaikan. Di mana saja kamu berada pasti Allah akan mengumpulkan kamu sekalian (pada hari kiamat). Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu. (QS. Al Abaqarah 148).

Semoga forum ODOJ ini menjadi lahan kita berkumpul dengan orang-orang sholeh/sholeha. Walaupun banyak yang cuma saya kenal namanya saja di grup, in shaa Allah suatu hari nanti Allah akan mengumpulkan kita bersama-sama dan memasukkan kita ke dalam surganya. Aamiin.

With love, @chiripaaa

Another reference:

Comments
2 Responses to “OneDayOneJuzz (ODOJ)”
  1. ..bonaNa.. says:

    Wah ODEJer juga va? ODOJ berapa? Hehe.. Sama nih.. Awalnya sanksi kalo bisa istiqomah scara aku ODOJ kalo ramadhan doang, Tapi bismillah ajah deh..
    Pertama, membiasakan diri membaca Al Quran dan tadabur. Karna pada dasarnya keimanan manusia turun naik. Semoga dengan ikutan group ODOJ kita bisa tetap berada on the right track.🙂
    Kedua, Latihan biar bisa management waktu, komit sama jadwal harian kita..

    Dan Alhamdulillah.. udah hampir sebulan.. Semoga kita bisa tetap istiqomah ya va.. ^^
    Tidak hanya membaca, namun tadabur ayatnya dan mengaplikasikannya. Aamiin Allahumma Aamiin.. Semangat ^^

    ~diana

    • Siva says:

      Hayy dianaa.. apa kabar? aku ODOJ 679…
      Iyaa udah hampir sebulan…. semoga tetep istiqamah yaa dianaa…

      Fastabiqul Khairot…🙂

Leave a Reply

  • Daisypath

    Daisypath Anniversary tickers
  • My Wedding Daisypath

    Daisypath Anniversary tickers
